Sabtu, 24 Desember 2016

Lampu HID : Kekurangan Dan Kelebihan Mengunakan Lampu HID


lampu HID atau Xenon adalah bola lampung yang didesign khusus untuk menciptakan efek cahaya yang sangat terang,biasanya lampu HID/Xenon ini digunakan untuk modifikasi kendaraan supaya memiliki penyinaran yang sempurna,atau fungsi lain adalah sebagai alternative untuk mengembalikan performa lampu kendaraan yang redup disebabkan oleh berkurangnya daya pantul reflector lampu, maka dengan digantikan bola lampunya mengunakan HID/Xenon peforma penyinaran lampu kendaraan akan kembali membaik.

beberapa jenis lampu HID/Xenon dapat kita temui dipasaran diantaranya memiliki model H1,H3,H4,H7, H8,H11,HB3 dan HB4,Perbedaan yang dibeerrikan yaitu kedudukan pada bolamp dan untuk perangkat yang berfungsi menyediakan/mengendalikan voltase yang biasa disebut (ballast) didesain sama pada semua tipe dan jenis lampu HID


lampu HID biasa digunakan sebagai lampu utama pada motor atau mobil sebagai variasi dan membantu meningkatkan penyinaran lampu lebih terang dari standart bawaan lampu, Lampu HID juga memiliki beberapa kelebihannya diantaranya sebagai berikut :


1. Penyinaran lampu akan lebih terang dibandingkan dengan lampu standar bawaan kendaraan.

2. Lampu HID / lampu Xenon pada bohlamnya tidak mudah putus, karena terdapat sistem tahanan pada rangkaiannya.

3. Konsumsi daya cenderung lebih hemat, karena jika di bandingkan dengan lampu standart 100 watt kurang lebih memiliki kesamaan dalam penciptaan evek cahaya dengan lampu HID / lampu Xenon 35 watt.


Beberapa kekurangan jika kita menggunakan lampu HID / lampu Xenon antara lain :


1. Terkadang efek cahaya yang di hasilkan oleh lampu HID / lampu Xenon terlalu besar, sehingga mengganggu para pengguna jalan lain yang sedang berada pada arah berlawanan.

2. Terkadang untuk beberapa merk lampu HID / lampu Xenon yang masih amatiran, efek cahaya yang di berikan tidak mampu menembus kabut meskipun sangat terang.

3. Lampu HID / lampu Xenon lebih cepat membuat crom reflector dan mika kaca lampu (headlamp) kita kusam.

4. Harga lampu HID / lampu Xenon cukup mahal, sehingga lumayan menguras kocek dalam dompet kita.