Jumat, 23 Desember 2016

Penyebab Sekering Sering Putus


Penyebab Sekering mobil memang terlihat sepele, namun fungsi dari komponen mobil satu ini tidak kalah penting dengan komponen mobil lainya. Sekering memiliki fungsi menahan suplay listrik yang berlebihan, bila terjadi suply listrik melewati batas permintaan akibat korslet makan sekering akan memutus aliran listrik hingga meghindarkan perangkat atau komponen mobil lainnya tidak mengalami kerusakan.



Penggunaan jenis sekering harus sesuai dengan jenis mesin kendaraan anda, dan biasanya terdapat anjuran pada fuse box kendaraan anda mengenai jenis dan ukuran sekering yang terbaik untuk mobil anda. Penggunaan relay dapat anda lakukan untuk menyesuaikan sekering mobil dengan penggunaan lampu mobil yang memiliki watt besar.

Jenis sekering mobil biasanya dikategorikan berdasarkan warna. pada umumnya warna sekering mobil menandakan besaran ampere dari sekering tersebut. Berikut 7 klasifikasi warna sekering mobil

Warna oranya 5A
Warna Cokelat 7.5A
Warna Merah 10A
Warna biru 15A
Warna Kuning 20A
warna putih 25A
warna hijau 30A
Berikut beberapa informasi mengenai penyebab sekering mobil putus yang dapat anda jadikan panduan untuk mendiagnosis gangguan pada kendaraan anda.

Sekering tiba-tiba putus ketika lampu besar dinyalakan, hal ini disebabkan oleh terjadinya korsleting pada kabel yang terhubung.
Sekering putus ketika mobil anda bergoncang biasanya ada beberapa bagian isolator yang terkelupas sehingga menyebabkan bagian tersebut menyentuh bagian body mobil
Saat pedal rem diinjak sekering mobil anda tiba-tiba putus biasanya disebabkan terjadinya korsleting pada tombol serta lampu rem. Jika anda baru saja melakukan pemasangan pada lampu rem ada kemungkinan terjadinya kesalahan pada jalur kabel,
Sekering putus ketika anda menyalakan dimmer, kemungkinan terjadi kerusakaan pada tuas dimmer
Sekering putus saat lampu sein dinyalakan biasanya disebabkan oleh kerusakan dan korsleting pada kabel tuas lampu sein mobil.


Beberapa jenis sekering saat ini sudah mengunakan lampu led dimana ketika sekering putus maka akan terlihat cahaya pada rumah sekering yang mengalami kerusakan. Namun jika kendaraan anda menggunakan jenis sekering model lama yang tidak memiliki lampu led, maka anda harus mencabut satu persatu sekering mobil untuk memastikan sekering mana yang mengalami kerusakan atau putus.

Related Post