Sabtu, 24 Desember 2016

Tips Mencegah Agar Tongkat Persneling Tidak Bergetar

bagi sebagian orang melihat tongkat persneling bergetar adalah hal yang biasa, Sebenarnya hal ini dapat dicegah dengan gaya berkendara yang sesuai dengan prosedur serta merawat rutin kendaraan dapat menjadikan umur komponen - komponen pada sistem transmisi anda menjadi lebih panjang. Cara yang dapat anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan menginjak kopling hingga penuh saat pengantian gigi. lalu gunakan posisi gigi yang sesuai dengan beban,kecepatan dan perputaran mesin. yang terakhir ganti oli transmisi secara berkala.



jika hal tersebut luput dari perhatian anda.maka akan muncul gangguan pada sistem transmisi seperti adanya suara aneh saat mobil sedang dikemudikan dalam kecepatan tinggi,gigi sulit untuk dipindahkan, hingga mengakibatkan tongkat pada perseneling menjadi bergetar.

getaran tersebut biasanya ditimbulkan karena bagian bawah ujung tongkat mengalami aus yang berfungsi sebagai penahan getaran atau yang disebut bushing.komponen tersebut sudah tak berfungsi sebagaimana mestinya. Pada saat pertama mobil bergerak, Mesin mobil bergetar kuat sehingga komponen yang aus juga ikut bergetar.


Biasanya gangguan ini terjadi pada mobil yang mengunakan sistem RWD (Rear Wheel Drive)/mobil dengan pengerakan roda belakang atau pengerakannya mengunakan as kopel jika mobil yang mengunakan FWD ( Front Wheel Drive) tidak mengunakan bushing sehingga getaran ini tidak terjadi kecuali adanya gangguan komponen lain,

tongkat yang bergetar ini dapat diatasi dengan melakukan pengantian komponen ini dengan yang baru.hal tersebut tidak akan berpengaruh pada komponen lain, hanya saja apabila anda terus membiarkan hal ini maka getaran yang dihasilkan akan semakin kuat dan bunyi akan semakin keras.

sekian tips cara mencegah agar tongkat persneling tidak bergetar dan semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca